Wednesday 24 October 2012

PBSI Ditantang Publik Mengembalikan Kejayaan Bulutangkis Indonesia


Ditengah lesunya prestasi bulu tangkis Indonesia, Gita Wirjawan sang punggawa baru Pengurus Bulutangkis Indonesia mengumumkan kabinetnya pada hari Senin (22/10). Berdasarkan pemantauan awesometrics dari tanggal 20 Oktober sampai 23 Oktober, pada berita daring Indonesia terdapat 308 berita penyebutan bulu tangkis, dengan 279 diantaranya adalah mengenai penyebutan mengenai diumumkannya kabinet PBSI Gita Wirjawan. Ini menandakan 90 persen berita mengenai kepengurusan PBSI yang baru mendapat porsi yang besar di media daring. 

Selain itu, persepsi tentang PBSI yang telah menunjuk sejumlah pengurus baru mendapat respon yang besar dari media daring dan sosial. Lalu, apakah perhatian tinggi ini memberikan sentimen poisitif terhadap PBSI di mata masyarakat? Berikut tren sentimen yang muncul terkait PBSI:

Pada grafik diatas terlihat pada hari yang sama saat diumumkan pengurus baru PBSI yakni tanggal 22 Oktober 2012, penyebutan mengenai bulutangkis melonjak tinggi. Padahal di hari sebelumnya (21/10) jumlah sentimen positif hanya mencapai 68 penyebutan, hal serupa pun meningkat pesat pada hari berikutnya yakni 22 oktober saat pengurus PBSI diumumkan, penyebutan sentimen positif mencapai 1.895 kali penyebutan. Hal ini menunjukan kepuasan dan optimisme baik di media cetak atau percakapan di media sosial atas pembentukan pengurus baru PBSI. Salah satunya adalah dengan masuknya beberapa jawara bulu tangkis masa lalu seperti Rexy Mainak, Ricky Subagja dan Susi Susanti. Para pengguna jejaring sosial berpendapat dipilihnya mantan atlet yang pernah menjuarai olimpiade tersebut memberikan angin segar terhadap perbulutangkisan Indonesia ditengah menurunnya prestasi bulutangkis Indonesia saat ini.

Lantas, bagaimana dengan opini pengguna twitter? Berdasarkan pemantauan awesometrics dari 20 September hingga 23 September terdapat 3.733 kali  penyebutan bulu tangkis pada twitter. Sebanyak 2889 muncul percakapan mengenai kepengurusan PBSI yang baru.

Di twitter jumlah penyebutan positif pada tanggal diumumkannya pengurus baru PBSI, melonjak tajam. Hari sebelumnya tanggal 21 Oktober hanya terdapat 53 penyebutan positif, sedangkan pada tanggal 22 Oktober menjadi 1.791 penyebutan positif. Percakapan yang muncul di twitter ini mengindikasikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap bulutangkis nasional menurun kembali meningkat. Dari komunikasi yang muncul ini terlihat bahwa masyarakat menaruh harapan besar terhadap kepengurusan PBSI yang baru. 

Berikut beberapa tweet positif yang muncul menanggapi kepengurusan PBSI yang baru.



No comments:

Post a Comment