Thursday 18 October 2012

Akankah Garuda Kembali ke Dada Pecinta Sepak Bola Tanah Air


Satu bulan menjelang kick off perhelatan akbar Kejuaraan Sepak Bola ASEAN yang akan berlangsung 24 November hingga 22 Desember di Malaysia dan Thailand, Timnas Indonesia mendapatkan sorotan baik dari dunia persepakbolaan international maupun di tanah air. Dualisme organisasi induk yang mengatur pesepakbolaan di tanah air ini seakan tak kunjung usai dengan tarik urat saraf mempertahankan gengsi sebagai organisasi yang mengatur kegiatan sepak bola yang paling bersih. Nyatanya, egoisme sejumlah pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)  dan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) ini lebih tinggi dari pada prestasi yang mereka berikan bagi pecinta sepakbola. 

Awesometrics mencoba memantau pembicaraan para pecinta sepakbola tanah air selama satu minggu kebelakang. Alhasil kami menemukan pemetaan sejumlah isu terkait dengan Timnas Indonesia menjelang AFF 2012 mendatang. PSSI, Piala AFF, Timnas KPSI, dan Nil Maizar mendapatkan porsi yang cukup dominan diberitakan dan dibicarakan menyangkut Timnas Indonesia.

Sebanyak 2,244 percakapan mengenai Timnas Indonesia berhasil di crawling, dan loyalitas pecinta sepak bola tanah air lebih banyak membicarakan Timnas di microblogging twitter. Sebanyak 1,537 percakapan dengan sentimen negatif, positif, dan netral menarik kesimpulan bahwa fans Garuda Di Dadaku tetap akan mendukung Timnas nya berlaga selama AFF 2012. Satu bulan menjelang perhelatan akbar ini, masyarakat masih dipusingkan dengan majunya dua Timnas bidikan PSSI dan KPSI yang akan bertanding di AFF 2012.

Ditengah keprihatinan masyarakat terhadap kepengurusan PSSI saat ini, tren sentimen positif masih menjadi mayoritas indikator pergerakan sentimen selama 24/7 kebelakang. Walaupun tentu saja, munculnya sentimen negatif tak lepas dari kehausan masyarakat akan prestasi pesepakbolaan Indonesia dan sikap muak terhadap tingginya egoisme para pengurus PSSI dan KPSI yang lebih mementingkan kepentingan mereka dibandingkan dengan kepentingan bersama. Masyarakat masih menaruh harapan besar atas kemajuan persepakbolaan tanah air. Masyarakat berteriak dan mengkritik para pengurus Persatuan Sepak Bola di tanah air untuk segera memberikan aksi nyata terhadap Timnas. Lalu akankah Garuda kembali ke Dada pecinta sepak bola tanah air? Akankah Garuda mendapatkan kembali perhatian masyarakat pencinta bola tanah air?

Berikut kicauan masyarakat di microblogging twitter:

No comments:

Post a Comment