Bila di petakan berdasarkan topik
atau isu yang berkembang selama kurun waktu satu bulan kebelakang pemetaan tren isu yang muncul di
media daring nasional lebih membahas
segmentasi city car beserta kompetitornya. Bagaimana persepsi masyarakat dan
media terhadap KIA Picanto?
Komparasi mengenai fitur unggulan mobil-mobil city
car memiliki dominasi yang luas dibandingkan dengan pemberitaan marketing,
penjualan, maupun aksi korporasi yang dilakukan oleh KIA Group. Terlebih lagi, berita terkait
KIA Picanto terkesan tenggelam bahkan tidak mendapatkan ruang publikasi di
media daring. Lalu sejauh apa tingkat penyebaran awareness maupun loyalitas
terhadap brand ini di masyarakat?
Berdasarkan hasil crawling data selama
satu bulan kebelakang, life reputation monitoring tools Awesometrics memperlihatkan bagaimana distribusi penyebutan dan sentimen KIA
Picanto baik di online media
maupun di social media. Pada
media daring nasional, total mention
tentang KIA Picanto sebanyak 127 penyebutan, dengan kalkulasi 70 artikel yang
tersebar. Padahal, Picanto
adalah KIA yang paling banyak diincar untuk dimiliki. Terbukti, dari 152 unit
KIA yang dipesan, 64 di antaranya adalah KIA Picanto.
Sedikit sentimen negatif dibandingkan dengan
jumlah sentiment positif merupakan peluang bagi KIA
Picanto, yang tampaknya
belum cukup mendapatkan ruang publikasi yang memadai di media daring. Apalagi berdasarkan sentimen
yang tersebar, tone netral lebih mendominasi.
Disini, KIA Picanto berkesempatan
menggiring masyarakat mendapatkan informasi lebih dan memberikan sentiment mereka yang positif tentang brand KIA Picanto. Sehingga, ruang komunikasi maya dan di media lebih dimanfaatkan
secara efektif,
daripada sekedar komunikasi “one to one”
dengan pelanggan.
Awesometrics live monitoring
secara berkelanjutan, 24/7, dapat membantu brand mencermati pergerakan tren di jejaring sosial media. Pengelola brand dapat memonitor topik yang menarik
perhatian dan bahkan mengoptimalkan brand
activity dengan memonitor media online dan akun sosial media yang
berpotensi untuk mendongkrak mentions, baik itu secara positif atau negatif.
Sehingga brand tidak sekedar
dapat meningkatkan awareness dan interest pelanggan, namun bagaimana
membangun reputasi KIA Picanto,
kemudian melakukan aksi nyata yang mendorong pelanggan untuk merasakan
keistimewaan design, feature, dan
teknologi yang dimiliki KIA Picanto. Ini pada akhirnya kian mendekatkan KIA Picanto
dengan pelanggan maupun sesama
pengguna KIA Picanto dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi yang
tersedia.
No comments:
Post a Comment