Wednesday 26 September 2012

KIA Picanto, Dipuji Tapi Belum Banyak Dimention

Bila di petakan berdasarkan topik atau isu yang berkembang selama kurun waktu satu bulan kebelakang pemetaan tren isu yang muncul di media daring nasional lebih membahas segmentasi city car beserta kompetitornya. Bagaimana persepsi masyarakat dan media terhadap KIA Picanto? 

 
Komparasi mengenai fitur unggulan mobil-mobil city car memiliki dominasi yang luas dibandingkan dengan pemberitaan marketing, penjualan, maupun aksi korporasi yang dilakukan oleh KIA Group. Terlebih lagi, berita terkait KIA Picanto terkesan tenggelam bahkan tidak mendapatkan ruang publikasi di media daring. Lalu sejauh apa tingkat penyebaran awareness maupun loyalitas terhadap brand ini di masyarakat?
Berdasarkan hasil crawling data selama satu bulan kebelakang, life reputation monitoring tools Awesometrics memperlihatkan bagaimana distribusi penyebutan dan sentimen KIA Picanto baik di online media maupun di social media. Pada media daring nasional, total mention tentang KIA Picanto sebanyak 127 penyebutan, dengan kalkulasi 70 artikel yang tersebar. Padahal, Picanto adalah KIA yang paling banyak diincar untuk dimiliki. Terbukti, dari 152 unit KIA yang dipesan, 64 di antaranya adalah KIA Picanto.

Sedikit sentimen negatif dibandingkan dengan jumlah sentiment positif merupakan peluang bagi KIA Picanto, yang tampaknya belum cukup mendapatkan ruang publikasi yang memadai di media daring. Apalagi berdasarkan sentimen yang tersebar, tone netral lebih mendominasi. Disini, KIA Picanto berkesempatan menggiring masyarakat mendapatkan informasi lebih dan memberikan sentiment mereka yang positif tentang brand KIA Picanto. Sehingga, ruang komunikasi maya dan di media lebih dimanfaatkan secara efektif, daripada sekedar komunikasi “one to one”  dengan pelanggan.


Awesometrics live monitoring secara berkelanjutan, 24/7, dapat membantu brand mencermati pergerakan tren di jejaring sosial media. Pengelola brand dapat memonitor topik yang menarik perhatian dan bahkan mengoptimalkan brand activity dengan memonitor media online dan akun sosial media yang berpotensi untuk mendongkrak mentions, baik itu secara positif atau negatif.
Sehingga brand tidak sekedar dapat meningkatkan awareness dan interest pelanggan, namun bagaimana membangun reputasi KIA Picanto, kemudian melakukan aksi nyata yang mendorong pelanggan untuk merasakan keistimewaan design, feature, dan teknologi yang dimiliki KIA Picanto. Ini pada akhirnya kian mendekatkan KIA Picanto dengan pelanggan maupun sesama pengguna KIA Picanto dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi yang tersedia.



No comments:

Post a Comment