Wednesday 26 September 2012

Berebut Konsumen City Car

Setelah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menjadi topik perbincangan favorit di media online selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, Awesometrics memantau perbandingan antara kedua produk tersebut, dengan Honda Brio dan Mitsubishi Mirage. Honda Brio menjadi andalan baru PT Honda Prospect Motor di segmen city car dengan kisaran harga antara Rp149 juta hingga Rp170 juta. Sementara itu, PT Krama Yudha Tiga Berlian juga tidak mau kalah untuk meluncurkan city car terbaru mereka di IIMS 2012, Mitsubishi Mirage. Varian termahal dari Mirage dibanderol seharga Rp165 juta.


Selama seminggu terakhir Awesometrics reputation monitoring tool menangkap Toyota Agya mendominasi pemberitaan sebanyak 2.959, diikuti oleh Daihatsu Ayla dengan 2.799. Kedua brand tersebut jauh meninggalkan pemberitaan tentang Honda Brio dan Mitsubishi Mirage. Brio mendapatkan porsi sebesar 242, sementara Mitsubishi Mirage hanya meraih 191 pemberitaan selama 7 hari.

Pergerakan microblogging Twitter cukup menarik untuk dibahas. Pada tanggal 19 September 2012, percakapan Toyota Agya meraih angka cukup tinggi sebanyak 277 mention. Pun demikian dengan Ayla. Jagoan baru Daihatsu tersebut mendapat 218 mention. Atensi media tertinggi untuk Honda Brio diraih pada tanggal 26 September 2012 sebanyak hanya 5 mention. Mitsubishi Mirage meraih percakapan tertinggi pada tanggal yang sama sebesar 14 mention. Artinya, perbincangan mobil murah keluaran Toyota dan Daihatsu lebih menarik perhatian khalayak sehingga menjadi hot topic selama ajang tahunan terbesar di Indonesia ini. Kedua produk tersebut ditawarkan dengan harga relatif lebih murah dibandingkan dengan Honda Brio dan Mitsubishi Mirage, yaitu sebesar Rp75 juta hingga Rp100 juta. 

Awesometrics live monitoring brand dapat mencermati pergerakan tren di jejaring sosial media secara real time. Pengelola brand dapat memonitor topik yang paling menarik perhatian mengenai brand mereka. Untuk selanjutnya, perusahaan dapat membuat keputusan, dan melakukan kegiatan berdasarkan hasil monitoring.

Catatan: Analisa ini dibuat dengan bantuan live reputation monitoring tool awesometrics.com


No comments:

Post a Comment